GRAFIK GOLD DINAR DAILY

Gold Comparison 70-80 dan 2000-2014 fr Imam Semar

Gold Comparison 70-80 dan 2000-2014 fr  Imam Semar

Tuesday, May 6, 2008

Mau Jatuh Gaya V,U,W atau L

 
Bagus juga tulisan Nouriel  Roubini Guru besar Ekonomi New York University di Koran tempo, Beliau  menyatakan sudah jelas sekarang Amerika memasuki  zona resesi , tinggal kita meraba wujud resesinya seperti apa ? singkat ataukah dalam. Jika resesi ini berlangsung dalam dan lama dapat dipastikan  beberapa negara seperti Inggris, Spanyol , iTalia, jepang akan mengalami resesi juga.
 
Bentuknya bisa V,U,W atau L, jika grafiknya berbentuk V maka resesi itu singkat dan tidak dalam, PDB AS hanya kontraksi pada  paruh tahun pertama saja. Beliau berpendapat resesi akan berbentuk dalam dg grafik model U bisa 12 bulan atau 18 bulan. Kenapa ?
1. AS mengalami resesi yang paling buruk di sektor perumahan sejak Depresi 1929, harga rumah  baru turun 50 % dan penjualan turun 60 %, tahun 2008 harga anjlok 10 % sampai 2010 mencapai 30 %. akibatnya kekayaan 2,2 Trilyun Dollar lenyap begitu saja , rumah tangga di AS equitynya negatif, akan bertambah parah kalau rumahnya dijual akan menambah kerugian lagi 1 Trilyun Dollar
 
2. Belanja Korporasi turun drastis, Konsumen perorangan tidak bisa belanja dan tabungan terkuras
 
3. Krisis Sub Prime merembet ke Near Prime lalu ke Sektor Prime , berlanjut ke kredit komersial dan terakhir ke kredit konsumer seperti Kartu kredit, Student Loan yang memang tanpa jaminan.
 
Potongan pajak pemerintah AS pada rakyatnya  tidak akan di belanjakan semudah yang diduga agar sektor riel jalan lagi , karena  kemungkinan besar akan digunakan org  Amerika untuk menalangi dulu  saldo kartu kredit yg membengkak, dan menunda gagal bayar saja atau di tabung. Untungnya kalau saja krisis ini tidak berbentuk  Grafik L stagnasi ekonomi yang berlarut-larut. Slowdown Global kelihatannya  akan terjadi dan didepan mata kita.
 
Pemerintah RI akan segera  menaikan harga BBM yang akan membuat shock harga-harga komoditas  , tekanan akan  bergulir bak bola salju, kondisi menjelang pemilu akan memperparah isu-isu sentimen negatif. Mudah-mudahan  tekanan hanya berbentuk V singkat dan tidak lama. Beberap klien saya segera  memesan emas sebagai anti inflasi tsb , so Dinar emas banjir pesanan......
 
. 

0 comments:

Post a Comment