GRAFIK GOLD DINAR DAILY

Gold Comparison 70-80 dan 2000-2014 fr Imam Semar

Gold Comparison 70-80 dan 2000-2014 fr  Imam Semar

Monday, November 9, 2009

Kalkulator Emas, How To Use ?



Geraidinar.com

Kami di GeraiDinar memiliki visi yang sangat jelas tentang penggunaan emas secara umum dan Dinar secara khusus – sebagai alat tukar yang adil sepanjang zaman. Emas tidak seharusnya disimpan, tetapi berputar secara cepat untuk mendistribusikan kemakmuran bagi umat manusia di seluruh alam.

Untuk sampai kesana, diperlukan langkah-langkah konkrit dan nyata yang bisa melibatkan seluas mungkin masyarakat. Pengetahuan tentang emas/Dinar baik yang terkait dengan pasarnya, kegunaannya, aturan penggunaannya yang syar’i sampai dengan cara-cara pengetesan keasliannya – harus menjadi pengetahuan yang sifatnya umum – milik publik , bukan hanya milik para pedagang atau para ahli emas. Bayangkan apa yang terjadi sekarang ketika anggota masyarakat membeli emas di pasar; kebanyakan orang tidak tahu tentang kadar emas yang dibelinya, dengan demikian juga tidak tahu berapa harga yang wajar untuk emas tersebut – yang sesuai kadarnya.

Untuk inilah kami tidak henti-hentinya berusaha memperkenalkan cara atau alat yang dapat semudah mungkin digunakan oleh masyarakat yang awam sekalipun, untuk dapat mengetahui dengan cukup akurat – kadar emas yang dibelinya sehingga juga tahu harga yang wajar untuk emas tersebut. Insyallah melalui alat ini, perdagangan emas yang adil berdasarkan dengan kesetaraan pengetahuan antara penjual dan pembeli akan bisa terwujud. Setelah dalam dua tulisan sebelumnya tentang Tes Keaslian Dinar dan Cara Mudah Uji Kadar Emas , melalui tulisan ini kami perkenalkan inovasi Gerai Dinar terbaru berupa Kalkulator Emas yang dapat menghitung kadar karat emas secara sangat akurat.

Kalkulator Emas ini dapat diakses oleh siapapun secara gratis – melalui web atau bahkan melalui handphone standar yang sudah terkoneksi dengan jaringan internet. Karena handphone semakin murah dan semakin canggih - dengan Rp 300,000-pun Anda sudah dapat handphone yang internet ready – maka Kalkulator Emas ini insyaallah akan menjadi revolusi pengetahuan tentang kadar emas yang ada di masyarakat.


Untuk menggunakan Kalkulator Emas ini berikut panduannya :

1) Siapkan handphone atau komputer Anda untuk mengakses internet dan buka alamat Kalkulator Emas Dari Gerai Dinar di http://www.geraidinar.com/emas24.php; atau di www.geraidinar.com Kalkulator Emas ini ada di sidebar kiri.

2) Siapkan alat bantu Anda berupa timbangan emas digital yang bisa menampilkan minimal dua digit dibelakang koma – syukur kalau bisa empat digit. Timbangan ini (yang dua digit) harganya mulai dari setara 1/3 gram emas saja – jadi sangat worth to buy ! (dari pada Anda tidak tahu yang Anda beli emas berapa karat, atau bahkan tidak tahu emas atau bukan !).

3) Alat bantu lain gratis ada di sekitar kita, berupa gelas plastik bekas air mineral, benang dan air.

4) Timbanglah emas Anda dalam kondisi normal dan catat berat yang tertera di timbangan. (Dalam contoh, saya gunakan koin Dinar seberat 4.25 gram).

5) Taruh plastik yang berisi air yang kira-kira cukup untuk membuat emas Anda melayang didalamnya, tidak menyentuh dasar dan tidak ada bagian emas yang diatas permukaan air.

6) Tara timbangan Anda, sehingga menunjukkan angka nol – dalam posisi air diatas timbangan. (Bila Anda tidak bisa men-tara-nya menjadi nol, catat angka yang tertera di timbangan pada posisi ini – kemudian setelah disiisi emas – dicatat selisihnya).

7) Sekarang ikat emas yang hendak Anda uji dengan benang dan masukkan perlahan-lahan kedalam air dengan memegang benangnya saja – sampai seluruh emas terendam dalam air tetapi tidak menyentuh dasar gelas plastik. Kemudian baca angka yang ditunjukkan oleh timbangan Anda. ( dalam contoh saya tersebut diatas menunjukkan berat Dinar di dalam air adalah 0.2287 gram).

8) sekarang kembali ke komputer atau handphone Anda yang sudah membuka http://www.geraidinar.com/emas24.php ; masukkan hasil timbangan normal (poin ke 4) ke isian Timbangan Normal (angka 1 di gambar) ; dan hasil timbangan dalam air ke isian Timbangan Air (angka 2 di gambar).

9) Pilih warna yang sesuai dengan warna emas yang sedang Anda uji (angka 3 di gambar). Emas yang ada campurannya perak seperti Dinar akan berwarna kuning (muda), sedangkan emas yang dicampur tembaga akan berwarna kemerahan. Karena contoh yang saya gunakan Dinar maka saya pilih warna kekuningan. Bila Anda tidak yakin dengan warna emas Anda, biarkan pilihan di default-nya yaitu “Tidak bisa dibedakan”.

10) Yang terakhir Anda tinggal tekan tombol Hitung Karat (angka 4 di gambar) dan muncullah kadar emas Anda sampai dua digit di belakang koma !.

Mudah bukan ?, insyallah mudah dan murah !.

Seberapa akuratkah Kalkulator Emas ini ?. Sebagai program komputer yang dihasilkan dari formula-formula ilmiah berdasarkan karakteristik bahan-bahan emas, perak dan tembaga yang sudah baku ; maka Kalkulator Emas ini juga dijamin akurat !.

Hanya saja, seperti pada program komputer pada umumnya; dikenal istilah Garbage In Garbage Out – Kalau masukannya sampah – keluarannya juga sampah. Jadi hasil penimbangan Anda sendiri yang kemudian menjadi masukan Kalkulator Emas inilah yang akan menentukan akurat tidaknya hasil perhitungan dari Kalkulator Emas ini.

Sebagai contoh, ketika saya timbang dengan timbangan dua digit maka angka yang muncul untuk berat didalam air dari koin Dinar adalah bergerak antara 0.22 sampai 0.23. Kalau kita masukkan angka 0.22, maka hasil perhitungan Kalkulator Emas akan menunjukkan Dinar berkarat 24.00 sedangkan kalau kita masukkan angka yang 0.23 – maka karat menujukkan pada angka 21.71.

Bila kita gunakan timbangan yang memiliki 4 digit dibelakang koma, maka berat Dinar dalam air akan menujukkan angka 0.2287; dan hasil perhitungannya akan pas di angka 22.00 karat !.

Semoga hal kecil ini bisa bermanfaat seluasnya di masyarakat. Amin.



0 comments:

Post a Comment