GRAFIK GOLD DINAR DAILY

Gold Comparison 70-80 dan 2000-2014 fr Imam Semar

Gold Comparison 70-80 dan 2000-2014 fr  Imam Semar

Thursday, October 22, 2009

U.S. economic recovery on track ??




Dari reuters.com diberitakan : Salah satu yg paling serius saat ini adalah Defisit APBN Amerika sebesar $1.4 trillion atau 10 percent Ini merupakan yg paling tertinggi sejak PD II dan diperkirakan akan semakin tinggi tahun-tahun yg akan datang

"I think the dollar ... is going to be the world's primary reserve currency for ... the foreseeable future," Summers said. "I think the most important thing we can do for the dollar is make sure that it rests on strong fundamentals."

Summers mengetahui ini ada rasa khawatir dan kemungkinan implikasi yg lain dari akibat ini terhadap kejatuhan Dollar dan dia akhirnya mengatakan p "ini sangat serius sekali" untuk jangka panjang tentunya terutama pada kewajiban utang Amerika

Commerce Secretary Gary Locke mengatakan pada Reuters Television keadaan dollar perlu "concern" karena pelemahanya dapat menekan harga minyak dan barang import yg lain ke Amerika . Minyak sekarang sudah mencapai $81 per barrel tapi summers menyatakan ini bukan risiko yg akan menghempaskan Amerika dari rel yg benar dalamproses recovery nya

"saya berfikir kenaikan harga minyak ini ada banyak kemungkinan... bisa sebagai refleksi dari proses reflection dan adanya expectasi recovery yg berkelanjutan dibandingkan suatu ancaman buat suatu recovery itu sendiri ,"kata summers .

As the administration considers further steps to give a boost to the job market and the economy, Summers said the White House was open to extending the tax credit for home buying, a popular idea on Capitol Hill.

Summers berharap UU utk U.S. financial regulations dapat segera selesai . " saya tidak melihat beberapa alasan utk tidak selesai tahun ini ".

Dia berkata tidak ada kepikiran Status Dollar sebagai cadangan devisa global akan di hempaskan begitu saja . Karena Dollar adalah Cadangan devisa yg paling utama di dunia ini sekarang terutama dalam hal perdagangan dunia . Dia juga berpikir bahwa Dollar dalam fundamental yg kuat " dana $787 billion dari stimulus package dan inventory rebuilding digunakan utk kegiatan bisnis yg merupakan "dominant drivers" yg akan mengangkat ekonomi. Dia juga mengingatkan ekonomi dan pertumbuhan lapangan kerja adalah bagaikan dua sisi mata uang

walaupun angka jobless rate sekarang paling tinggi dalam 26-tahun terakhir mencapai 9.8 percen tapi akan segera normal kembali..

Benar nggk sih perkataan Pak summer ini ?
Jika ini benar, berarti ada opini global yg sedang menggiring pelaku pasar global utk melepas Dollar mereka , sementara "pengepul" Dollar sedang bekerja keras menyedot kembali dollar di pasar dengan tanpa harus cape2 mengeluarkan lembaran surat utang/Bond berbunga tinggi.

Sebab bagaimanapun juga Dollar masih dalam naungan Bretton wood sebagai alat transaksi perdagangan dunia , apa sih perdagangan dunia yg paling utama ? Minyak ! karena minyak inilah penggerak roda ekonomi dunia, maka seluruh bank Sentral di dunia akhirnya mau melakukan reserve cadangan devisa dalam dollar, selain memang setelah PD II mereka juga sudah tidak punya emas lagi utk mem-back up uang lokal mereka. sehingga titik tolak triger yg akan meruntuhkan Dollar bukan karena kemelut di dalam negeri Amerika itu dengan rusaknya kredit property, pengangguran dll dsb ....tapi lagi-lagi akan berawal dari kemelut di Timur tengah sebagai penyimpan cadangan minyak terbesar Dunia.


0 comments:

Post a Comment