GRAFIK GOLD DINAR DAILY

Gold Comparison 70-80 dan 2000-2014 fr Imam Semar

Gold Comparison 70-80 dan 2000-2014 fr  Imam Semar

Tuesday, November 17, 2009

Meledakah ARM ?


Amerika saat ini dipusingkan oleh ARM (Adjustable Rate Morgage). Jika kemarin krisis disebabkan oleh gagal bayar Debitor kredit perumahan, kini ARM merupakan kelanjutan dari subprime morgage, apa ARM ini???

ARM adalah kredit kelanjutan dari bank2 dunia dimana perumahan ini bisa dibantu dengan ARM dimana permainan bunga berbunga bisa terjadi dan menyebabkan gagal bayar untuk berikutnya.
Back to back Credit ini menjadikan Double suspended risk dimana jika terjadi gagal bayar maka krisis akan berkelanjutan dan dollar US akan terganti sebagai mata uang dunia. Ilustrasinya sebagai berikut : Jika anda mengambil kredit rumah dimana antara gaji anda selalu lebih rendah dari minimum platform kredit bulanan yang harus dibayar maka bisa dipastikan akan terjadi gagal bayar, namun bank mengijinkan skema ini dimana bank akan memberikan durasi nilai kredit yang lebih lama dari 10 tahun menjadi 15 tahun. Suatu saat, anda tidak bisa membayar dan anda akan dibantu kembali oleh Bank untuk membayar kredit rumah (semacam KTA-Kredit tanpa agunan) untuk bisa membantu membayar kredit rumah bulanan. Inilah yang menyebabkan resiko yang besar untuk lepas dari krisis.

Kegagalan bayar itu kini masih bisa terselamatkan karena suku bunga sedang turun hingga tingkat terendah sepanjang sejarah. Hal ini menunda ledakan ARM, yang oleh banyak pengamat perumahan dianggap sebagai bom waktu.

Dikatakan bom waktu karena peminjam ARM belum bisa menuntaskan utang yang pernah dipakai untuk membeli rumah di masa lalu. Karena tidak bisa membayar utang, pembeli rumah diberi pinjaman baru melalui ARM. Dengan kata lain, ARM dipakai untuk mengatasi kegagalan bayar surat utang sebelumnya yang disebut sebagai subprime mortgage. Ini adalah surat utang dengan kualitas rendah, yang melahirkan krisis yang disebut sebagai subprime mortgage crisis.

Meledakkah ARM ? sekarang kita tunggu saja kebijakan Obama dalam merealisasikan tersedianya lapangan kerja buat rakyatnya, Obama di analogikan sperti Roosevelt yang membawa keluar AS dari Great Depresi Th 1930 dengan Pameo "Krisis harus diatasi dengan terciptanya lowongan kerja" , tapi ujung-ujungnya menghasilkan Perang Dunia II sebagai jalan keluar terciptanya " lowongan kerja "...apakah kebijakan Obama akan seperti ini pada akhirnya ?

0 comments:

Post a Comment